Cara Membuat Laporan Penerimaan dan Pengeluaran - Laporan penerimaan dan pengeluaran tentu akan menjadi laporan yang sangat penting untuk Perusahaan.
Bahkan sebenarnya laporan penerimaan dan pengeluaran ini biasanya digunakan juga dalam keuangan keluarga.
Hanya saja konsep pembuatan keuangan keluarga pasti lebih simpel dan mudah jika dibandingkan dengan Perusahaan.
Dalam artikel ini kita akan coba membahas bagaimana cara membuat laporan dan penerimaan uang.
Cara Membuat Laporan Penerimaan dan Pengeluaran
Untuk membuat laporan penerimaan dan pengeluaran bisa kita buat secara manual dan bisa juga kita buat dalam komputer.
Tentu untuk membuat laporan tersebut pada Komputer kita membutuhkan aplikasi sebagai dasar pembuatan laporan.
Salah satu aplikasi yang mungkin bisa kita pilih untuk membuat laporan penerimaan dan pengeluaran uang adalah Microsoft Excel.
Selanjutnya untuk contoh format pembuatan laporan penerimaan dan pengeluaran uang kita akan bagi kedalam dua format.
1. Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Terpisah
Untuk cara yang pertama kita akan membuat laporan penerimaan dan pengeluaran dengan cara terpisah.
Maksudnya untuk laporan ini kita akan bagi menjadi dua laporan yaitu pertama adalah Laporan Penerimaan dan kedua adalah Laporan Pengeluaran.
Tujuan laporan ini dibuat terpisah adalah supaya lebih mudah pada saat kita akan mengelompokan penerimaan serta pengeluaran tersebut.
Adapun contoh tampilan untuk penerimaan adalah sebagai berikut :
Dalam contoh diatas sudah disediakan format untuk penerimaan kas atau uang untuk cara pengisian silahkan sesuaikan dengan kolom masing - masing.
Selanjutnya jika metode ini yang akan digunakan maka kita juga harus membuat satu laporan lagi yaitu untuk laporan pengeluaran.
Formatnya silahkan samakan dengan contoh diatas tetapi isinya adalah pengeluaran bukan penerimaan.
2. Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Digabungkan
Selanjutnya untuk pembahasan yang kedua kita akan membuat laporan penerimaan dan pengeluaran yang digabungkan pada satu kolom.
Tentu format yang kedua ini akan jauh lebih simple karena memang pengeluaran dan penerimaan akan ada pada satu tabel yang sama.
Untuk contohnya silahkan perhatikan gambar berikut ini :
Dalam contoh tersebut sudah ada tabel untuk penerimaan dan pengeluaran kas atau uang.
Pada format yang kedua ini untuk penerimaan dan pengeluaran dibuatkan masing - masing kolom terpisah.
Jika ada penerimaan maka silahkan isi pada kolom penerimaan dan sebaliknya jika tarnsaksinya adalah pengeluaran maka yang diisi adalah kolom pengeluaran.
Secara umum kedua konsep diatas bisa kita gunakan hanya saja untuk pilihan tergantung kedalam konsep keuangan yang digunakan.
Jika cocok dengan konsep yang pertama silahkan gunakan konsep tersebut dan sebaliknya jika kurang cocok dengan konsep yang pertama silahkan gunakan konsep yang kedua.
Itulah pembahasan kita kali ini tentang cara membuat laporan penerimaan dan pengeluaran, semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.


Post a Comment
Post a Comment